Blogroll

Jumat, 10 Juni 2011

liputan suara remaja suara merdeka 8 juni 2011

Posted on 01.13 by KLJI Semarang

Percaya nggak jika dari sebuah lubang kecil, kita bisa menghasilkan gambar? Yap, melalui KLJ atau kamera lubang jarum kita bisa mengabadikan bangunan-bangunan ataupun objek lainnya. Seperti yang dilakukan teman-teman KLJ Semarang, 7-8 Juni 2011 di Gedung D ruang 6 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Semarang. Mereka nggak cuma pamer hasil foto, tapi juga workshop buat teman-teman Udinus yang pengen belajar KLJ. Ternyata, cara membuat dan menggunakan KLJ itu mudah lho, kawan. Bahkan kita bisa menggunakan barang-barang yang sudah nggak terpakai, yah hitung-hitung sekalian memanfaatkan barang bekas dan menyelamatkan bumi kita tercinta. Kita bisa memakai kaleng bekas permen, karton berbentuk segitiga, bambu, kaleng rokok dan besek(biasanya untuk tempat gethuk goreng).
Biasanya, buat pemula lebih mudah menggunakan kaleng rokok. Sebelum terjun ke lapangan peserta workshop diberikan teori dan cara menggunakan KLJ. Baru setelah semua siap, mereka bisa memotret objek dengan catatan, objek harus kaya cahaya. Semakin banyak cahaya, akan semakin bagus hasilnya. Selain itu, waktu yang dibutuhkan juga nggak terlalu lama sekitar satu menit. Jika cuaca sedang mendung, perlu waktu lebih lama lagi. Bahkan, bisa sampai 4 jam lho..
Puas hunting, peserta langsung diajak ke ruang gelap buat mencetak hasil foto. Kertas foto dikeluarkan dari kamera dan dicuci menggunakan cairan cuka. Tunggu sebentar sambil digoyang-goyang, beberapa saat kemudian akan terlihat hasil gambar di kertas foto. Seru banget!
Bagaimana kawan, tertarik buat mencoba? Gabung saja ke grup facebook KLJ Semarang atau follow twitternya di @KLJISmg. Bisa juga kamu datang ke basecamp mereka di Jl. HOS Cokroaminoto 383 Ungaran atau Jl. Sumurboto 2 No.35, Tembalang.
Foto: Rizki, keekkey

No Response to "liputan suara remaja suara merdeka 8 juni 2011"

Leave A Reply